Selain kontribusi di tahun 2023, Aice juga telah menunjukkan komitmen sebelumnya di tahun sebelumnya, dengan menjadi Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar dan bekerja sama dengan Kemenpora dalam mengedukasi masyarakat mengenai hidup sehat serta mendukung semangat olahraga sejak usia dini.
Kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya Aice yang konsisten dalam mendukung dunia olahraga, pendidikan, dan kesehatan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan.
Sebelumnya, Aice juga aktif membantu korban bencana alam, seperti memberikan dukungan di posko bencana Palu pada tahun 2020 dan Sulawesi Barat pada tahun 2021, serta membangun kembali sekolah yang terdampak gempa bumi di Lombok pada 2019.
Di awal pandemi COVID-19, Aice mendonasikan APD dan es krim untuk Tenaga Kesehatan di 14 RS Rujukan COVID-19 dan satu tempat peristirahatan tenaga medis.
Sepanjang tahun 2020 hingga 2022, Aice telah membagikan lebih dari 67 juta masker medis, yang diproduksi sendiri dan didistribusikan secara gratis melalui pemerintah, organisasi, pemilik warung, dan stakeholders lainnya sebagai bagian dari upaya bantuan sosial.
Aice Group tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga berkomitmen terhadap kualitas produk dan keberlanjutan. Pabrik Aice telah memperoleh berbagai sertifikasi bergengsi, seperti Jaminan Keamanan Pangan Sistem HACCP, Sertifikat Manajemen ISO 9001:2008, dan nilai A dalam implementasi sistem jaminan halal.
Selain itu, pabrik Aice di Mojokerto menggunakan teknologi modern, termasuk mesin sistem robotik, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional sesuai dengan tuntutan era Industri 4.0.
Penghargaan TOP CSR Awards 2024 ini menjadi pengakuan atas komitmen Aice Group dalam menjalankan CSR secara inovatif, berkelanjutan, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Aice Group akan terus berusaha meningkatkan kontribusinya untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.
Di kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024, M. Lutfi Handayani mengatakan bahwa tema yang diangkat tahun ini adalah ‘Inovasi-Inovasi Program CSR dan ESG yang dapat mendukung tumbuhnya bisnis perusahaan secara berkelanjutan’.
CSR dan ESG diharapkan tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan, tetapi juga harus selaras dengan strategi bisnis untuk mendukung pencapaian target-target bisnis agar perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.
Tema tersebut mendorong perusahaan untuk mengimplementasikan ESG dan CSR dengan mengadopsi ISO 26000 SR dan ESG.
“Jika tanggung jawab tersebut berjalan, maka banyak masalah sosial ekonomi di Indonesia yang dapat teratasi dengan sendirinya,” ujarnya.
Kriteria penghargaan ini meliputi keselarasan inisiatif CSR terhadap strategi pertumbuhan bisnis berkelanjutan, tingkat adopsi kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000:2010 SR, sistem tata kelola CSR, inovasi program CSR unggulan, dan identifikasi dampak materialitas ESG terhadap bisnis serta strategi pengelolaannya agar bisnis terus tumbuh berkelanjutan.
“Penghargaan ‘TOP CSR Awards 2024’ ini menegaskan posisi Aice sebagai perusahaan yang tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga berkomitmen pada keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.
Melalui berbagai inisiatif CSR, seperti program 15 Hari Berbagi Sehat dan dukungan pada pendidikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, serta berbagai rangkaian dukungan terhadap dunia olahraga Indonesia, Aice telah berhasil menciptakan dampak positif yang signifikan dan berkelanjutan, memberikan contoh konkret bagaimana sektor swasta dapat berkontribusi pada pembangunan nasional,” tutup Jack.[zlj]