Gubernur Mahyeldi Tinjau Lokasi Pembangunan SMAN 3 Gunung Talang Solok

Dipastikan akan dibangun tahun ini.

Gubernur Mahyeldi meninjau untuk pembangunan sekolah
120x600
a

Solok, Otonominews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meninjau lokasi pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) yang akan diberi nama SMA Negeri Baru 3 di Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Pembangujan sekolah baru ini menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Provinsi Sumbar tahun 2024.

“Dananya sudah ada, kita telah siapkan Rp2 miliar,” ungkap Gubernur Mahyeldi saat meninjau lokasi bersama OPD terkait di Gunung Talang, Kabupaten Solok. Sabtu (13/1/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Mahyeldi didampingi oleh Kepala Dinas BMCKTR, Era Sukma Munaf; Kepala Dinas PSDA, Fatol Bari; Kepala Dinas Pendidikan, Barlius; Kepala Bapenda, Syefdinon; Kepala Biro Adpim, Mursalim; dan Plt. Kepala Biro Umum, Noli

“InsyaAllah pada tahun ini, kita akan bangun SMA Negeri baru di Gunung Talang, nanti sekolah itu akan kita beri nama SMAN 3 Gunung Talang,” jelasnya.

Mahyeldi menjelaskan, berdasarkan hasil analisis daya tampung pada sekolah yang sebelumnya sudah ada, kondisinya rata-rata sudah penuh. Seperti, SMA 1 Gunung Talang sudah penuh 36 rombel, secara aturan itu tidak bisa ditambah lagi.

Sedangkan SMA 2 Gunung Talang lokasinya sangat jauh sehingga sulit untuk di akses masyarakat Gunung Talang, itulah yang menjadi alasan dibutuhkannya USB baru di lokasi tersebut.

“Pembangunan USB ini sebelumnya telah melalui pertimbangan dan kajian yang matang, dimana tujuan utamanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” tegas Mahyeldi.

Disamping itu, Gubernur Mahyeldi juga mengapresiasi perhatian dari masyarakat setempat untuk suksesi pembangunan USB ini. Sebab untuk pembebasan lahan seluas 1,5 hektare tersebut, pemerintah sama sekali tidak terbeban. Semua biaya pembebasan lahan bersumber dari urunan dana masyarakat secara swadaya.

Selanjutnya , Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius mengatakan proses pembangunan akan segera dilakukan dalam tahun ini secara lengkap sehingga setelah itu langsung bisa difungsikan.

Lihat Juga :  Kementerian PUPR Jajaki Minat Badan Usaha Bangun Flyover Sitinjau Lauik di Padang

“Tahun ini kita akan mulai membangun kantor majelis guru, ruang kepala sekolah, ruang TU dan ruang kelas belajar tiga rombel, sehingga diharapkan setelah itu sekolah ini akan bisa langsung difungsikan,” jelas Barlius.

Sehingga pada Tahun 2025/2026 nanti, sudah bisa dilakukan penerimaan peserta didik baru, tukuk Barlius.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA