Dharwa Wanita Persatuan Lima Puluh Kota Sosialisasi Penyakit Tak Menular

Dukung Capaian Standard Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan

Acara Sosialisasi Penyakit Mendalam, aula Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Jumat ( 12/01/2024)
120x600
a

Lima Puluh Kota, Otonominews.id – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lima Puluh Kota menggelar Sosialisasi Penyakit Mendalam (SPM), dalam rangka upaya pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat (12/01/2024)

Kegiatan yang disertai dengan pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan pertemuan bulanan perdana di awal tahun 2024.

Dalam sambutannya, Ketua DWP Lima Puluh Kota Ny. Elwalina Herman Azmar mengatakan acara sosialisasi diharapkan dapat menambah pemahaman anggota DWP, sehingga dapat mendeteksi dan memantau faktor risiko Penyakit Tidak Menular dalam keluarga.

“Pendeteksian dan pencegahan dini perlu dilakukan karena ibu mempunyai peran penting dalam kesehatan keluarga,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Elwalina juga menjabarkan 13 Rencana Kerja (Renja) tahun 2024 yang perlu mendapat skala prioritas untuk dilaksanakan. “Agar Renja tersebut terlaksana dengan baik diharapkan seluruh unit dapat mendata anggota dan kepengurusannya,” ujar Ketua DWP Lima Puluh Kota.

Sementara itu, dr. Edison selaku narasumber mengungkapkan, data dari Kementrian Kesehatan pada tahun 1990 penyakit yang terbanyak adalah penyakit infeksi seperti : TBC, cacar dan sebagainya.

Dengan bergesernya perekonomian, pendidikan pada tahun 2017 ternyata penyebab kematian tertinggi disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, ginjal, hipertensi, jantung dan sebagainya.

“Maka dari itu untuk pencegahannya perlu bagi kita untuk menerapkan perilaku hidup sehat. Seperti moto Dinas Kesehatan yaitu sehat bukan segala-galanya, tapi tanpa sehat segalanya tiada arti,” pungkas dr. Edison. (Del)

r
Lihat Juga :  Bupati Safaruddin  Ingatkan Jemaah Pengajian  Jaga Silaturahmi Pemilu Serentak 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA