Gubernur Mahyeldi Berharap Bagindo Dahlan Abdoellah Segera Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional

Orang pertama yang menyampaikan kata ‘Indonesia'

120x600
a
Gubernur Mahyeldi Berharap Bagindo Dahlan Abdoellah Segera Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional
Acara bedah buku “Bagindo Dahlan Abdoellah; Penyemai Nasionalisme Indonesia dan Diplomat Pionir yang Terlupakan”

PADANG, Otonominews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, memberi sambutan dalam acara bedah buku “Bagindo Dahlan Abdoellah; Penyemai Nasionalisme Indonesia dan Diplomat Pionir yang Terlupakan, yang ditulis oleh akademisi Universitas Leiden asal Sumbar, Dr. Suryadi. Dalam acara di Gedung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut, Gubernur Mahyeldi berharap Bagindo Dahlan Abdoellah segera dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

“Perjuangan Bagindo Dahlan Abdoellah perlu diketahui dan dipahami oleh generasi saat ini. Beliau adalah salah satu orang pertama yang menyampaikan kata ‘Indonesia’ dan ‘Orang Indonesia’. Itu beliau sampaikan dalam ceramah akademik yang disampaikan saat Lustrum Perkumpulan Mahasiswa Indologi di Leiden Belanda pada 23 November 1917 silam,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Sejarah perjuangan Bagindo Dahlan Abdoellah tersebut, sambung Gubernur, perlu diketahui dan dipahami generasi penerus bangsa. Sehingga semangat nasionalisme menjadi semakin kuat dan semangat berbuat bagi bangsa dan negara semakin tumbuh. Oleh karena itu, Gubernur Mahyeldi menilai sudah sepatutnya Bagindo Dahlan Abdoellah segera diangkat menjadi Pahlawan Nasional.

r
Lihat Juga :  PKS Kabupaten Solok Sukseskan Launching Penanaman Sejuta Pohon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *