Gubernur Mahyeldi Resmikan Musala Darul Ilmi SMAN 1 Pariaman

Pusat Penguatan Spiritual Pelajar

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah didampingi Anggota DPRD Provinsi Sumbar Muhammad Ridwan saat meresmikan Musala Darul Ilmi, SMAN 1 Pariaman.
120x600
a

Pariaman, Otonominews.id— Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meresmikan Musala Darul Ilmi yang berlokasi di kompleks SMAN 1 Pariaman, Sumbar pada Kamis (18/1/2024).

Menurut Mahyeldi, adanya Musala di komplek pendidikan sangat mendukung untuk pembinaan pelajar menjadi generasi madani dan spiritual.

“Dengan memanfaatkan musala sebagai pusat kegiatan Islami, kita berharap SMAN 1 Pariaman dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter Islami bagi siswa-siswi secara holistik,” jelas Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.

Lebih lanjut Mahyeldi menyatakan, penguatan spritual adalah bagian terpenting di dalam pendidikan, karena bangsa Indonesia berlandaskan pada sila Ketuhanan yang Maha Esa, yang secara jelas dan nyata terangkum dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Apalagi Sumbar mempunyai kekhasan dan kekhususan sebagai provinsi yang memiliki falsafah Adat Basandi Sarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), yang menjadikan Islam sebagai landasan utama dalam tata pola perilaku dalam nilai-nilai kehidupan,” jelas Mahyeldi.

Mahyeldi berharap musala menjadi salah satu tonggak untuk meningkatkan spiritualitas masyarakat, khususnya bagi siswa-siswi dan warga sekitar SMAN 1 Pariaman.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga berpesan kepada para siswa-siswi SMA N 1 Pariaman, untuk terus menghidupkan aktivitas di musala sekolah tersebut, dengan memanfaatkan fungsinya seoptimal mungkin, baik untuk beribadah hingga kegiatan akademik lainnya.

“Belajar dan beribadahlah senyaman mungkin di musala, habiskan waktu untuk menggali ilmu, dan mengembangkan jati diri sebagai warga Indonesia yang memiliki karakter budaya Minangkabau,” ajaknya.

Selanjutnya tidak lupa Gubernur menyampaikan apresiasi Kepada Kepala SMAN 1 Pariaman, Ketua Komite, para Guru, dan Anggota DPRD Provinsi Sumbar Muhamad Ridwan, yang telah berupaya mewujudkan pembangunan musala di sekolah tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota DPRD Sumbar, Muhammad Ridwan, bahwa musala tersebut dibangun berkat ide dari pihak sekolah untuk mendirikan di lokasi yang strategis. “Dengan niat baik itu, maka saya mengalokasikan dana aspirasi secara bertahap. Untuk tahap pertama, Rp800 juta, dan tahap kedua Rp1 miliar,” kata Muhammad Ridwan.

Lihat Juga :  Ketum PWI Pusat Dijadwalkan Hadiri Diklat Jurnalistik PWI Lampung

Di sisi lain, Kepala SMA N 1 Pariaman, Elfi Junaida, turut berharap agar setelah diresmikan oleh Gubernur, diharapkan penggunaan musala tersebut dapat dioptimalkan dengan sebaik-sebaiknya. (Rds)

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA