Kunjungi Pos Lintas Batas Negara, Imigrasi Malaysia Kagum dengan Fasilitas Wisma dan Insfratukur PLBN Jagoi Babang

120x600
a

BENGKAYANG, (otonominews.id) – Sejumlah pejabat imigrasi Malaysia yang dipimpin Ketua Imigresen Pos Kawalan Sempadan Serikin JIM Serawak, Puan Alissa Arriani binti Abdullah berkunjung ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang, Kamis 18 Januari 2024.

Dalam lawatan ini, rombongan tersebut terdiri dari Timbalan Pengarah Imigresen Negeri (Pentahbiran) Sarawak beserta beberapa pegawai lainnya dan disambut langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Administrator PLBN Jagoi Babang, Misdo Jerry.

Turut serta dalam kunjungan ini adalah Kepala Kantor Bea Cukai Jagoi Babang beserta staf, koordinator Imigrasi Jagoi Babang, dan petugas Karantina Kesehatan yang bertugas di PLBN Jagoi Babang.

Puan Alissa Arriani binti Abdullah mengatakan, kunjungannya kali ini merupakan bagian dari program lawatan ke lapangan untuk meninjau kemajuan pembangunan PLBN Jagoi Babang dan mempererat hubungan silaturahmi antara Indonesia dan Malaysia.

“Pertama silaturahmi ya, dan kedua kami ingin banyak belajar dari Indonesia,” ujar Puan Alissa.

Para Pejabat dan rombongan tampak antusias saat mendengarkan paparan dari pihak Indonesia mengenai operasional PLBN Jagoi Babang. Dalam pertemuan tersebut, diungkapkan bahwa PLBN Jagoi Babang telah beroperasi sejak bulan Juli tahun 2023.

“Pos ini sudah melayani lebih kurang 50 orang pelintas setiap harinya. Pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, jumlah pelintas meningkat signifikan karena adanya pasar di Serikin,” ujar Kepala Administrator PLBN Jagoi Babang, Misdo Jerry.

Namun, kata Misdo, saat ini masih terdapat pembatasan akses, di mana pelintas hanya dapat menggunakan Pos Lintas Batas (PLB) hingga Distrik Bau di Serikin, Malaysia, dan kecamatan Siding serta Seluas di Indonesia.

Misdo menyampaikan harapannya agar Malaysia segera dapat menerbitkan paspor di Pos Serikin untuk mempermudah perjalanan lintas batas. “Sangat diharapkan agar Malaysia secepatnya dapat mengecap paspor di pos Serikin,” ungkapnya.

Lihat Juga :  RSUD di Provinsi Kaltara Kekurangan SDM dan Alkes, DPR RI Minta Pemerintah Lebih Perhatian

Rombongan dari Malaysia itu juga memberikan apresiasi terhadap infrastruktur yang telah tersedia di PLBN Jagoi Babang. “Mendengar pemaparan tadi, bahwa PLBN Jagoi telah dilengkapi dengan Wisma Indonesia untuk pengunjung yang ingin bermalam, kami sangat kagum dengan fasilitas tersebut,” urai Puan.

Ia pun menanyakan kesiapan dukungan listrik dan air bersih di PLBN. Misdo pun memastikan bahwa kebutuhan listrik telah terpenuhi, dan sebagai langkah antisipatif, PLBN juga dilengkapi dengan Genset yang dapat menyala dalam waktu kurang lebih dua menit apabila terjadi pemadaman listrik. Selain itu, kebutuhan air bersih juga sudah terjamin melalui penyediaan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Pertanyaan mengenai ketersediaan listrik dan air bersih sudah kami jawab. Dan PLBN Jagoi Babang telah siap dengan segala fasilitas yang dibutuhkan untuk melayani para pelintas,” tegas Misdo.

Di akhir kunjungan, rombongan dari Malaysia menyampaikan harapan agar Pos Lintas Batas Negara Serikin Malaysia juga dapat dibangun fasilitas serupa oleh negaranya.

Sebagai tindak lanjut, petugas CIQ (Clearance, Immigration, and Quarantine) yang bertugas di PLBN Jagoi Babang juga diundang untuk berkunjung balasan ke Imigresen Serikin Malaysia.

 

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA