Bupati Safaruddin Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Dukcapil Goes To School

Pimpin Upacara di SMA 2 Harau

Bupati Safaruddin saat memimpin upacara di SMA Negeri 2 Harau, Senin (22/01/2024).
120x600
a

Lima Puluh Kota, Otonominews.id — Peningkatan kualitas layanan publik jadi salah satu titik fokus pembangunan yang digalakkan Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo.

Di berbagai kesempatan, ia meminta seluruh perangkat daerah memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya pelayanan administrasi kependudukan. Melalui program Dukcapil Goes to School, diharapkan bisa menjawab kesulitan dan kerumitan masyarakat utamanya para pelajar dalam mengurus dokumen tanpa harus mendatangi Dinas Kependudukan dan catatan sipil,” ujar Bupati Safaruddin saat memimpin upacara di SMA Negeri 2 Harau sekaligus membuka kegiatan Disdukcapil Goes To School, Senin, (22/01/2024).

Bupati Safaruddin di bagian lain sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota berupaya meningkatkan sistem integrasi administrasi kependudukan dengan beragam layanan yang bisa diakses langsung oleh masyarakat, salah satunya adalah Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Selain itu, Bupati Safaruddin menyampaikan, perbaikan pelayanan yang diupayakan pemerintah daerah juga menunjukkan hasil positif. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya opini penilaian publik yang dilakukan Ombudsman RI dari angka 46,93 poin di tahun 2021 menjadi 85,59 di tahun 2023 dan menjadi daerah di Sumatera Barat yang mengalami peningkatan paling signifikan.

“Kami berpesan kepada para pelajar untuk belajar dan menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh, jangan sia-sia kan perjuangan orang tua, hormati guru dan jadilah orang yang menguasai ilmu pengetahuan,” pungkasnya.

Nabila, salah seorang siswa di SMA 2 Harau menyambut baik program besutan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dalam memberikan pelayanan kepada pelajar untuk mendapatkan hak dokumen kependudukan berupa KTP Elektronik.

“SMA 2 Harau merupakan sekolah dengan sistem boarding school, seluruh siswa tinggal di asrama sekolah. Kehadiran Disdukcapil di SMA ini sangat membantu kami untuk memiliki KTP,” ucap siswa yang berulang tahun ke-17 pada Desember 2023 lalu. (Delfitra).

r
Lihat Juga :  Menteri Basuki: Ruas Kartosuro - Klaten Jalan Tol Yogyakarta - Solo Tuntas Juli 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA