BNPP Kaji 8 Lokasi untuk Pembangunan PLBN Gelombang Ketiga

BNPP Kaji 8 Lokasi untuk Pembangunan PLBN Gelombang Ketiga
120x600
a

JAKARTA, (otonominews.id)  – Badan Nasional Pengelola Perbatasan () yang dikepalai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, berencana kembali mengusulkan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) gelombang III di sejumlah lokasi di (KPN).

Pembangunan PLBN di beranda depan Indonesia diharapkan mampu menjadi batu lompatan pengembangan ekonomi, bukan sekadar perlintasan orang dan barang saja.

Pelaksana Tugas Harian (Plh) Sekretaris BNPP, Robert Simbolon, menjelaskan bahwa ada 8 lokasi di kawasan yang diidentifikasi untuk dibangun PLBN pada tahap pembangunan gelombang III.

Urgensi pembangunan ke-8 PLBN baru tersebut adalah untuk mewujudkan tertib kawasan perbatasan negara dan epicentrum pengembangan kawasan perbatasan negara.

“Juga pusat aktivitas ekonomi masyarakat perbatasan,” jelas Robert dalam pemaparan Laporan Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Tahun 2023 dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Tahun 2024, di Kantor Sekretariat Tetap BNPP, Senin (22/1/2024) lalu.

Robert yang juga menjabat Deputi Batas Wilayah Negara, BNPP merinci ke-8 lokasi yang sedang dalam pengkajian dan diproyeksikan berdiri PLBN baru adalah Temajuk di Kabupaten Sambas, Kalbar, Sei Manggaris di Kabupaten Nunukan, Kaltara, Pulau Marore di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut, dan Pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaut, Sulut.

r
Lihat Juga :  BNPP Pacu 4 PLBN Jadi Pilot Project Menuju Zona Integritas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *