Tomohon Visitor Centre Resmi Diluncurkan, BPPD Optimis Pariwisata di Kota Bunga Semakin Mendunia

120x600
a

TOMOHON. (otonominews.id)– Tomohon Visitor Centre (TVC) resmi diluncurkan pada, Selasa Januari 2024 di kompleks Lokasi Wisata Tekaan Telu Tinoor, Kecamatan Tomohon Utara, pada hari Selasa (30/1/2024).

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Wali Kota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk SH, Kapolres Tomohon AKBP Lerry D Tutu,Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring SE ME bersama jajaran, pengurus BPPD Kota Tomohon serta para undangan.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Tomohon Lucia Habelana Goni SE MM mengungkapkan, bahwa kehadiran Tomohon Visitor Centre (TVC) merupakan langkah awal yang penting dalam mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan.

“Tak hanya itu saja, bahkan dengan hadirnya TVC wisatawan dapat merasakan kehangatan dan keramahan masyarakat Tomohon,” ungkapnya.

Diharapkan Melalui pusat informasi tersebut, wisatawan tidak hanya dapat memperoleh informasi praktis tentang berbagai objek wisata di Tomohon, tetapi juga merasakan keramahan masyarakat setempat yang merupakan bagian tak terpisahkan dari pengalaman pariwisata yang memuaskan.

Ia juga menekankan bahwa Tomohon Visitor Centre diharapkan dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan potensi pariwisata Kota Tomohon secara lebih luas kepada para pengunjung.

“Melalui informasi yang disajikan dan interaksi dengan masyarakat setempat, wisatawan dapat memahami keunikan budaya, tradisi, dan daya tarik alam Tomohon dengan lebih baik, kata Lucia Habelana Goni.

Lebih lanjut dijelaskan Lucia Goni, dengan pencapaian peluncuran Tomohon Visitor Centre ini, BPPD Kota Tomohon berharap dapat terus berperan aktif dalam mengembangkan sektor pariwisata, mempromosikan destinasi wisata yang beragam, serta memastikan pengalaman wisatawan yang memuaskan dan berkesan di Kota Tomohon.

“Semoga dengan adanya Tomohon Visitor Centre, pariwisata Kota Tomohon semakin berkembang dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dan pengunjung.

Lihat Juga :  Buka FKP Rancangan Awal RKPD Sulbar 2025, Pj Gubernur Zudan Ingatkan Sinergi Pembangunan Pusat dan Daerah

Lucia Goni juga mengajak masyarakat lokal, pelaku usaha, , maupun instansi pemerintah untuk bersama-sama berpartisipasi dalam upaya memajukan pariwisata di Kota Tomohon menuju Kota Pariwisata Dunia,’’ kata Goni.

“Apa lagi Tomohon Visitor Centre itu sendiri hadir untuk mempromosikan pariwisata dan memberikan informasi kepada para pengunjung tentang destinasi wisata, atraksi, kegiatan, dan layanan lainnya di Kota Tomohon.

Menariknya dikatakan Lucia Goni, ternyata Tomohon Visitor Centre menyiapkan tenaga terlatih yang bisa melayani para turis, menyiapkan material promosi, baik brosur ataupun promosi digital seperti media social, website, pemakaian QR untuk akses ke info destinasi dan lainnya.

Selain itu juga menyiapkan help desk bagi para turis seperti menolong mencari guide, paket wisata local dan paket Tomohon International Flower Festival (TIFF)  bekerja sama dengan travel-travel agen (ASITA, ASTINDO, KTC.

Selanjutnya, mencari hotel dan homestay kerja sama dengan Ikatan Home Stay Association (IHSA)mencari destinasi wisata kerja sama dengan Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), mencari sewa mobil, serta mencari rumah makan yang masakannya cocok dengan selera para turis,” jelas Lucia Goni.

‘’Ditambahkan Lucia Goni, pikahnya ternyata sudah memrogramkan pelaksanaan iven-iven seperti yang baru dilaksanakan yakni Tour de Tomohon bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga, menyiapkan rest area bagi pengunjung lokal dengan menyiapkan kopi, makanan ringan, buah-buahan, bunga-bungaan dengan penataan menarik,’’ ungkap Lucia Goni, seraya berharap melalui sinergitas semua pihak, baik pemerintah , masyarakat, stakeholder dan pegiat pariwisata, potensi yang ada bisa berkembang untuk kemajuan daerah.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA