Connie Pertanyakan Surat Pembatalan dan Besaran Penalti dari Pembatalan Mirage Bekas Qatar

Prabowo disinyalir dapat fee 7 persen per pesawat

Connie Rahakundini Bakrie
120x600
a

Jakarta, Otonominews.id – Pakar Pertahanan dan Geopolitik, Connie Rahakundini Bakrie, menyatakan bahwa sebenarnya rencana pengadaan jet tempur Mirage bekas dari Qatar belum bisa dibuktikan batal. Sebab pembatalan haruslah dengan bukti surat resmi pembatalan.

“Sekali lagi ya, batal itu mesti ada keterangan tertulis,” kata Connie Bakrie dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (12/2/2024).

Pernyataan Connie ini seakan memberi pemahaman baru atas pernyataan sikap Kementerian Pertahanan seperti disampaikan Juri Bicara Menhan Dahnil Simanjuntak.

Menurut Dahnil, Jet tempur bekas asal Qatar yaitu Mirage 2000-5 senilai US$ 790 juta atau sekitar Rp12 triliun batal dibeli oleh Indonesia.

“Tidak ada pembelian Pesawat Mirage. Walaupun itu (pernah) direncanakan, (tapi) sudah dibatalkan, artinya tidak ada kontrak yang efektif di Kemenhan terkait dengan pembelian Mirage,” ungkapnya.

Namun bagi Connie, klaim batal itu harus dibuktikan.

“Pembatalan Mirage berikut nilai penalti pembatalan yang harus dibayar oleh Indonesia,” kata Connie.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan berita dari situs asing, Meta Nex dengan artikel berjudul Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation, Jumat (9/2).

Dalam situs itu disebutkan Komisi Anti Korupsi Uni Eropa memburu Prabowo atas kasus korupsi pembelian pesawat tempur bekas dari Qatar yang melibatkan salah satu perusahaan di Eropa.

Perusahaan ini diselidiki terkait transaksi janggal Prabowo yang membeli 12 pesawat tempur bekas dari Qatar dengan harga 66 juta dolar per pesawat, dengan total 792 juta dolar.

Dari transaksi janggal ini Prabowo disinyalir dapat fee 7 persen per pesawat, atau total 55,4 juta dolar AS yang diduga digunakan untuk kebutuhan dana politik dalam Pilpres 2024.

Diketahui, pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 diklaim sudah batal. Namun, menyeruak informasi dana sebesar USD 20 juta sudah masuk sebagai pembayaran awal.

Lihat Juga :  Relawan Nawasena 08 Bakal Berjuang Mati-matian Menangkan Prabowo Sebagai Presiden RI Ke-8

Petinggi TKN pun telah bereaksi menganggap hoaks informasi Prabowo menerima persekot dari rencana pembelian jet tempur Mirage 2000-5 dari Qatar.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA