Simbol Kebhinekaan, Menparekraf Apresiasi Event Grebeg Sudiro Bentuk Akulturasi Budaja Jawa dan Tiongoa

Simbol Kebhinekaan, Menparekraf Apresiasi Event Grebeg Sudiro Bentuk Akulturasi Budaja Jawa dan Tiongoa
Menparekraf Sandia Uno pada event Grebeg Sudiro di kawasan Pecinan, Pasar Gede Kota Sol. Sabtu (10/2/2024)
120x600
a

SOLO (Otonominews) – Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno menghadiri acara budaya di Kota Solo Jawa Tengah, bertajuk Grebeg Sudiro 2024, salah satu bagian dari 100 kharisma Event Nusantara. Event tersebut berlangsung di Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres Solo, Sabtu (10/2/2024).

Kegiatan tradisi budaya ini masih ada kaitannya dengan perayaan menyambut Tahun Baru Imlek. Event yang memasuki tahun ke-15 ini merupakan simbol dan wujud aktualisasi, akulturasi, pembauran, dan harmoni dalam kebhinekaan di kawasan heritage Pasar Gede dan Kampung Pecinan yang menjadi bagian Kelurahan Sudiroprajan.

Hal ini dijelaskan oleh Sandiaga, saat menyaksikan Grebeg Sudiro. Sandiaga mengapresiasi event Grebeg Sudiro 2024, sebuah tradisi yang digelar di Kelurahan Sudiroprajan, Solo, sebagai bentuk akulturasi budaya antara Tionghoa dan Jawa.

Sandiaga saat itu juga tengah mengunjungi Kawasan Pasar Gede Solo. Ia pun menjelaskan, Grebeg Sudiro menjadi salah satu bagian 100 Karisma Event Nusantara (KEN).

“Grebeg Sudiro menjadi event KEN pertama tahun 2024 yang digelar. Saya mencari event-event seperti ini, yang bisa naik kelas dari event kelurahan naik menjadi event provinsi. Saya berharap ini bisa menjadi event internasional. Ini juga sebuah gerakan masyarakat yang menginspirasi kita untuk bangkit, ekonomi kita digerakkan dari sektor konsumsi dan di event ini kita melakukannya,” ujarnya.

Diterangkannya, bahwa Presiden Joko Widodo telah berpesan bahwa pascapandemi harus dipastikan ada event-event yang berkualitas yang bisa mendatangkan dampak positif langsung bagi masyarakat.

“Menariknya, selain ini adalah event pertama KEN ditahun 2024 ini, event ini juga berdekatan dengan Imlek, keseruannya pas dengan budaya Jawa. Menjadi simbol bahwa kita semua saudara dalam kebhinekaan Indonesia,” ujarnya.

Menparekraf juga mengarahkan agar event yang digelar mulai 27 Januari sampai 24 Februari 2024 dapat dikembangkan melalui platform digital.

r
Lihat Juga :  Terungkap Suami Dalang Pembunuhan Istri Seakan-Akan Gantung Diri Di Way Tuba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *