Mendagri Dorong Dirjen Pemdes Hidupkan Desa jadi Pusat Ekonomi Baru

Mendagri Dorong Dirjen Pemdes Hidupkan Desa jadi Pusat Ekonomi Baru
Mendagri Tito Karnavian melantik dua Pejabat Madya di Kantor Pusat Kemendagri, Senin (12/2/2024).(Foto: Kemendagri)
120x600
a

JAKARTA (Otonominews) – Menteri Dalam Negeri () Muhammad meminta Direktur Bina Pemerintahan Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes ), La Ode Ahmad Pidana Bolombo yang baru dilantik agar dapat menghidupkan desa sebagai pusat ekonomi baru.

Dengan demikian, kata Mendagri, masyarakat tidak lagi mengandalkan daerah perkotaan dalam mencari sumber mata pencaharian.

Arahan ini diberikan Mendagri usai melantik 2 pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Kemendagri, yakni La Ode Ahmad Pidana Bolombo yang dilantik menjadi Dirjen Pemdes dan Eko Prasetyanto Purnomo Putro menjadi Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan di Ruang Sidang Utama (RSU) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (12/2/2024).

“Kita sangat ingin mengembangkan desa menjadi kekuatan ekonomi baru, karena hampir separuh rakyat Indonesia tinggal di desa, dan kita tidak ingin ke depan Indonesia masyarakatnya urban oriented, artinya berorientasi kepada perkotaan,” ujar Mendagri.

Mendagri mencontohkan salah satu negara yang penduduknya banyak meninggalkan desa dan memilih hidup di kota. Dampaknya mereka terjebak pada iklim kompetitif karena harus bersaing mendapatkan pekerjaan di kota. Akhirnya mereka fokus ke pendidikan dan pekerjaan sehingga banyak yang terlambat menikah.

r
Lihat Juga :  Program Bangun Puskesmas Canggih Prabowo Dinilai Hanya Halu dan Pencitraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *